Cara Menulis Konten Yang Baik Dan Benar

Iklan Semua Halaman

Cara Menulis Konten Yang Baik Dan Benar

20 Oktober 2018

via kerjayuk.com

Sebenarnya, tentang hal ini saya telah membuat secara tentatif, bukan saja soal cara membuat konten yang baik dan benar, termasuk juga cara untuk memaksimalkan SEO didalam konten tersebut.

Inti, untuk membuat konten konten yang baik dan benar hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari jenis konten apa tersebut. Dan apakah konten itu menarik pengunjung atau justru sebaliknya. Artikel ini pada intinya akan membahas tentang konten jenis apa yang perlu anda tulis dan cara untuk menulis.

Tanpa konten, apalagi konten yang berkualitas tinggi, meskipun tampilan blog anda luar biasa bagus dan terstruktur maka tentu akan sia-sia. Ada dua hal yang perlu anda tingkatkan disini yakni konten halaman statis dan konten halaman non-statis atau dinamis.

Kita akan membahas dua hal itu sebelum masuk lebih jauh ke hal-hal yang paling teknis. Seperti strategi membuat konten untuk masuk ke halaman pertama Google dan lain sebagainya.

Konten halaman statis


Konten halaman statis adalah jenis konten yang termasuk dalam konten pra peluncuran. Sebenarnya ini adalah istilah saja, dan pengertian keduanya sama. Ada beberapa hal yang perlu ditekankan disini yakni tentang bagian-bagian dari konten halaman statis. Sebagai berikut:

1. Halaman Tentang


Ini adalah halaman paling tradisional dari setiap blog yakni halaman tentang. Halaman ini memberi tahu kepada pengunjung baru tentang blog anda, apa yang anda bahas dan mengapa anda memiliki blog dengan topik atau jenis tertentu. Sebenarnya sih, ini tergantung pada niche anda dan juga gaya informasi yang anda tampilkan.

2. Halaman Kontak


Halaman ini pada dasarnya memungkinkan pengunjung blog anda untuk berkomunikasi dengan anda. Ini bisa berupa halaman sederhana dengan alamat email. Biasanya juga ditambah dengan tautan jaringan sosial atau formulir kontak. Untuk pengguna WordPress bisa langsung menggunakan Plugin Formulir Kontak 7 yang memungkinkan pengunjung dapat menghubungi pemilik blog lewat formulir.

Baca Juga : Cara Memilih Ekstensi Domain Yang Tepat Untuk Blog

3. Halaman Produk dan Layanan


Jika anda membuat blog dengan tujuan mempromosikan bisnis, pastikan anda memiliki laman produk dan layanan ini dengan rinci yang menjelaskan jasa atau produk yang anda tawarkan. Atau, jika anda sudah punya situs web untuk bisnis, anda bisa memberikan tautan yang mengarah ke situs web tersebut.

4. Penafian/kebijakan


Ini juga penting untuk perlindungan terhadap blog anda, dan ini adalah salah satu halaman yang wajib jika anda ingin membuat blog anda terlihat professional dan dikelola dengan baik.

Jika anda bingung cara membuat halaman penafian ini, silahkan baca artikel tentang Cara buat Halaman Disclaimer dan Privacy Policy Untuk Blog.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini bertujuan untuk melindungi blog anda dari tuntutan pihak ketiga. Sebagai contoh, misalnya, jika blog anda nichenya tentang kesehatan atau medis, tetapi anda bukan professional dibidang tersebut, anda harus membuat halaman penafian ini untuk mengatakan kepada pengunjung bahwa anda bukan dokter atau penyedia layanan kesehatan profesional lain. Dan juga menyarankan kepada pembaca untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut tentang masalah yang dialami oleh pengunjung anda.

Disini juga anda untuk menginformasikan kepada pengunjung bahwa anda menggunakan pelacakan analitik, Google Adsense, Tautan Pemasaran dan Afiliasi sertai periklanan lain yang dapat melacak akun pribadi/serta alamat IP pengunjung.

5. Sidebar Content/Konten bilah sisi


Sidebear content atau konten bilah sisi adalah kolom kecil yang terletak dibagian kiri atau kanan (tergantung pada template yang digunakan). Disini pengunjung anda dapat widget default atau widget eksternal dari blog anda untuk mempercantik tampilan blog.

6. Formulir Berlangganan


Ini bertujuan untuk mendorong pengunjung blog anda untuk memperoleh artikel lewat email Email atau RSS Feed. Form berlangganan sangat penting untuk memperoleh trafik blog. Terutama jika anda berencana memonetisasi blog anda di masa mendatang. Anda bisa menggunakan layanan dari MailChimp untuk memperoleh pelanggan email sampai 2.000 orang.

7. Tentang


Ini berisikan kalimat sederhana yang menjelaskan tentang blog dan juga siapa yang mengelolahnya. Halaman tentang dibuat untuk memberi tahu pengunjung untuk meluangkan waktu membaca halaman tentang anda.

Baca Juga : Cara Mengecek Skor DA dan PA Blog

Disini anda dapat menambahkan foto, uraian teks tertentu dan juga alamat anda yang dapat akan membantu pengunjung untuk lebih interaktif mengetahui pengelola blog. Disini juga anda bisa menambahkan tautan ke profil media sosial anda sehingga orang-orang bisa berteman dengan anda di media sosial, berbicang, sharing pengalaman dan lain sebagainya.

8. Postingan Populer


Widget postingan populer membantu pengunjung untuk diarahkan ke bagian postingan paling populer didalam blog berdasarkan waktu. Bagi pengguna WordPress, mereka biasanya tinggal menginstal Popular Post untuk menampilkan laman ini.

9. Iklan


Iklan adalah salah satu pendapatan blog. Jika anda ingin menempatkan iklan di blog anda dari bisnis tertentu maka anda dapat membuat laman ini. Disini juga berisi persyaratan-persyaratan tambahan tentang iklan yang akan tampil dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Menghapus Footer Text di Blog

Jangan lupa untuk mengunjungi blog lain yang nichenya sama dengan blog anda untuk melihat jenis iklan apa yang ditampilkan di sidebar blog mereka sendiri.

10. Kategori Artikel


Hal yang cukup penting yang harus anda tunjukan adalah niche blog anda. Ini juga menjadi bagian dari kategori konten anda, yang menunjukan bahwa blog anda lebih terstruktur, rapid an dikelola dengan professional.

Anda bisa membuat penjelasan singkat mengenai laman kategori anda, usahakan tak lebih dari 150 kata. Mengapa harus membuat penjelasan singkat? Ini bertujuan untuk membantu halaman bog anda memperoleh peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Dan ini jarang disadari oleh para blogger lain.

11. Meta-tag


Sebenarnya, meta-tag adalah potongan kode yang mencakup semua informasi halaman anda untuk ditampilkan di mesin pencari seperti Google. Konten ini biasanya tidak dapat dilihat dilaman internal blog, karena hanya berupa kode.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengetahui Pengunjung Organik Suatu Blog? 

Sangat penting untuk membuat meta tag yang tepat untuk setiap halaman yang ada dalam situs web anda sehingga memungkinkan mesin pencari memahami apa yang anda bahas didalam blog anda, dan relevansi dengan kueri pencarian.

Saat anda membatu halaman baru, atau memposting artikel, anda juga harus memastikan dua hal utama dalam membuat meta tag, antara lain :

1. Tag judul


Ini adalah meta tag yang akan ditampilkan pada halaman pencarian di mesin telusur seperti Googl. Panjang optimal tak judul biasanya berkisar antara 50-60 karakter.

2. Meta description


Berisikan informasi yang merangkum isi dari artikel yang anda posting tersebut. Panjang optimal meta description biasanya tidak lebih dari 290 karakter.

Jika anda menggunakan WordPress, mungkin anda tidak usah repot lagi untuk mempelajari kode dan mengimplementasikan meta tag untuk blog anda. Ada banyak plugin yang dapat anda gunakan untuk membantu anda mengatasi hal ini, seperti Yoast SEO. Tetapi jika anda menggunakan blogger, anda harus melakukannya dengan manual. Sekarang kita beralih pada konten bagian kedu, yakni konten halaman Non Statis.

Konten Halaman Dinamis


Untuk memahami hal ini, anda bisa membaca perbedaan antara blog dan Website. Singkatnya, blog berisikan konten-konten yang diposting dengan tampilan terbalik. Dimana halaman paling baru berada dibagian atas, dan halaman paling lama akan berada dibawah. Situs web biasanya memiliki halaman beranda yang statis, dan ini berbeda dengan halaman dalam blog yang dinam

1. Perencanaan Konten


Untuk membangun dan memelihara blog dengan sukses, anda perlu memiliki rencana konten yang cukup matang. Ini mencakup semua detail yang terkait dengan psitingan blog di masa mendatang, jadwal penerbitan, pengembangan pemirsa, dan masih banyak lagi. Tanpa rencana yang konkret ini, tidak mungkin untuk mempertahankan popularitas dan kualitas kerja anda secara konsisten.

Baga Juga : Cara Buat Konten Yang Ramah SEO

Dibawah ini saya akan menunjukan langkah-langkah sederhana yang bisa anda ambil untuk membuat rencana untuk konten blog anda. Gunakan contoh ini sebagai template dan sesuaikan dengan kebutuhkan dan kemampuan anda.

a. Buat daftar Topik


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat daftar topik artikel yang akan anda tulis. Misalnya, jika blog anda membahas mengenai Yoga, maka anda dapat membuat tabel perencanaan konten seperti pada tabel dibawah ini:


A
B
C
D
Tipe Yoga
Posisi Yoga
Tipe Yoga
Tipe pernafasan
Hatha
Bharadvaja’s Twist
Plyvinyl Chloride
Dirga Pranayama
Vinyasa
Big Toe Pose
Rubber
Ujjayi Pranayana
Iyengar
Boat Pose
Thermoplastic Elastomer
Bhramari Pranayana
Ashtanga
Bound Angie Pose
Ploymer Enviromental Resin
Kapalabhatti Pranayana
Bikram
Bow Pose
Cotton
Nadi Shodana Pranayana
Hot Yoga
Brigde Pose
Kundalini
Camel Pose
Yin Yoga
Cat Pose
Restorative
Chair Pose
Chlid’s Pose
Cobra Pose


Setelah anda membuat tabel diatas, anda bisa mulai menulis artikel. Misalnya, pertama-pertama anda membuat konten adalah tentang pengertian-pengertian akta diatas. Lalu lanjut ke hal yang lebih dalam, misalnya, penggabungan antara tipe Yoga Hatha dan Nadi Shodana Pranayana dan seterusnya.

Dengan cara ini konten buatan anda akan akan terdengar lebih masuk akal, terencana dan lain sebagainya. Jadi, anda tidak perlu repot untuk memikirkan jenis konten apa yang akan anda buat selanjutnya. 

Dan dengan menggunakan pendekatan diatas, juga mengadopsi kombinasi yang kolom yang berbeda, anda bisa menulis ribuan artikel. 


Jika perencaan ini sudah anda buat, langkah berikutnya adalah mulai membuat konten. Usahakan konten buatan anda itu masuk dalam kategori konten yang panjang, dan mendalam. 

Anda juga bisa membuat konten dengan standar tertentu seperti 500 karakter tiap konten. Ini terserah anda. Tapi usahakan 1 dari 5 konten anda masuk dalam konten yang panjang atau diatas 1000 karakter. Kadang konten yang diatas 1000 karakter disebut sebagai konten landasan. Dan ini sangat berguna untuk SEO blog anda. Saya sarankan, gunakan metode ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Usahakan buatlah postingan lebih pendek <1000 kata diawal-awal postingan blog. Lalu menjadi artikel kategori medium, antara 1.000 – 2.000 paragraf, dan artikel mendalam atau diatas 2.000+ paragraf. Semuanya menargetkan kata kunci yang mirip, dengan kata kunci utama yakni Yoga.

b. Tentukan Kata Kunci


Usahakan agar anda menargetkan kata kunci yang tepat untuk blog anda. Anda bisa menerapkan kata kunci yang panjang, dengan target kata kunci utama yakni tentang Yoga. 

Sebelum anda menentukan kata kunci, anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Ini bertujuan untuk melihat peluang anda untuk bisa tampil di mesin telusur untuk jenis kata kunci berbeda. Diantaranya untuk melihat: 

c. Volume kata kunci


Jumlah rata-rata pencarian per bulan untuk jenis kata kunci tertentu di mesin telusur. Jika memungkinkan gunakan Ahrefs Keyword Explorer sebab biasanya google perkiraan suatu kata kunci berdasarkan volume lalu lintas. 

d. Kategori kata kunci


Anda harus memasukan kategorinya dari kata kunci tersebut, agar selaras dengan niche yang anda angkat. Jika memungkinkan anda juga bisa menyiapkan daftar topik kata kunci dan memprioritaskannya berdasarkan kualitas, persaingan dan nilai iklan. 

Kita beralih ke langkah berikutnya…

Langkah 2. Pilih dan Siapkan Konten


Seperti yang saya sebutkan diatas, usahakan agar anda selalu membuat konten landasan, atau konten utama dari setiap 5 artikel buatan anda tentang niche yang anda angkat. Ini adalah kunci dari pembahasan tentang topik tertentu, yang anda targetkan untuk masuk ke halaman pertama pencarian Google.

Jika anda tidak yakin bagaimana membuat konten landasan/konten utama ini, berikut cara-cara yang dapat anda jadikan panduan untuk membuat jenis konten tersebut.

Gunakan alat perencana Kata Kunci Google


Untuk menggunakannya, anda bisa masuk ke ke akun Google anda atau buat baru jika anda belum punya email. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk melakukan riset kata kunci ini.

Bingung cara melakukan riset kata kunci menggunakan Google Trends? Baca artikel tentang Cara melakukan riset kata kunci menggunakan Google Trends.

Setalah itu, masukan kata kunci, seperti Yoga dalam kotak pencarian lalu tekan cari. Seketika akan muncul beberapa kata kunci utama yang berkaitan dengan Yoga. Selain itu, kata kunci tersebut juga menunjukan volume pencarian berdasarkan wilayah.

Anda juga bisa menggunakan alat lain seperti Ahrefs Site Explorer untuk meriset kata kunci dan volume pencariannya


Namun sayangnya ini adalah alat berbayar, tetapi Ahrefs memberikan banyak keunggulan dibanding dengan Google Trends. Selain itu, anda dapat melakukan uji coba gratis selama dua minggu. 

Jadi kalau anda tidak ingin repot menggunakan alat berbayar sebagaimana saya yang sebutkan diatas, maka anda bisa kok melakukan riset di Google 

Sebenarnya, ini bertujuan untuk membantu anda menemukan kata kunci yang tepat dan populer yang sedang tren di Google yang memungkinkan anda untuk membuat artikel dengan menargetkan kata kunci tersebut. 

Katakanlah, setelah anda melakukan riset kata kunci, langkah selanjutnya adalah membuat konten. Dalam membuat konten ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan, seperti misalnya cara buat konten yang unik dan menarik. Lalu menerapkan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan konten itu, dengan SEO. 


Intinya, konten buatan anda itu harus benar-benar menarik, berfaedah dan mengandung nilai kebaharuan. Jika sudah begitu, nilai tambahnya tentu saja pengunjung akan rela membagikan artikel anda tersebut ke media sosial mereka sendiri. 

Dan anda bisa memperoleh pengunjung tambahan dari sini. Itulah keuntungan membuat konten yang benar-benar bermanfaat. Bahkan, kemungkinan juga mereka akan membagikan artikel anda tersebut ke aplikasi chat seperti misalnya di WhatsApp dan Telegram hingga Line. 

Langkah 3. Tulis 5-10 postingan pertama 


Ini biasanya tergantung dari niche yang anda angkat. Jika anda mengangkat tentang Yoga, dan membahas hal-hal yang serius tentang Yoga, usahakan awal-awal postingan tersebut tidak membahas hal lain selain Yoga, seperti misalnya Diet dan kesehatan. 

Atau mungkin anda menulis artikel tentang makanan dan traveling. Fokus saja pada Yoga. Dan usahakan juga 5-10 artikel anda itu memiliki standar karakter, misalnya 500-1000 karakter. 

Biasanya artikel awal anda berisikan tentang tajuk rencana artikel anda kedepannya. Yang juga membahas seputar niche yang anda angkat, apa yang akan anda ulas dan mengapa anda mengulasnya. Usahakan anda membahas niche tersebut lebih spesifik supaya memiliki nilai baharu.


Tapi ingat, bukan sembarang menulis. Seperti yang saya sebutkan daitas, menulis artikel dalam dunia internet itu tidaklah mudah. Anda bersaing dengan ribuan bahkan jutaan artikel serupa, yang menyebut kata kunci yang anda angkat. Meski berfaedah, jika anda tidak menerapkan strategi SEO yang baik, maka akan sia-sia. 

Untuk itu, jika anda belum sepenuhnya paham mengenai SEO, usahakan dalam artikel anda tersebut menyebut beberapa kali kata kunci yang anda angkat, misalnya soal Yoga. Juga, anda bisa membuat artikel lepas landas, listicle dan pengalaman anda melakukan Yoga. Lebih panjang artikel yang anda buat tersebut lebih bagus. Apalagi jika artikel tersebut adalah artikel-artikel awal anda. Ini menandakan bahwa blog anda dikelola dengan serius. 

Langkah 4. Buat kalender editorial dan mulai posting


Ini sebenarnya yang menjadi masalah utama seorang blogger. Meskipun mereka sudah membuat artikel, mereka kesulitan untuk menjaga ritme postingannya. Kadang postingan yang dibuat terlalu cepat di Publish, sehingga postingan menjadi padat dan menyulitkan untuk terindeks ke Google. 

Setelah anda selesai membuat artikel, usahakan agar anda langsung mendaftarkannya ke Google Webmaster Tools lewat fitur fetch as Google. Ini memungkinkan artikel anda cepat terindeks oleh Google. Jika anda masih bingung, silahkan baca artikel ini tentang cara agar postingan agar cepat terindeks Google.

Untuk itu, agar lebih hemat waktu, anda bisa membuat kalender postingan editorial. Maksudnya adalah, anda membagi waktu untuk membuat antara menulis konten, mengeditnya, dan mempublikasikannya di blog anda. Tentang hal ini, sebenarnya saya sudah artikel khusus untuk mengulas ini, yang sudah diposting dalam artikel tentang langkah-langkah sebelum mempublikasikan Konten blog.

Intinya, kalender editorial membantu anda untuk memeriksa artikel-artikel yang telah anda buat untuk diedit menjadi lebih baik lagi. Jika tahap ini selesai, berarti anda sudah siap ke tahap selanjutnya. 

Langkah 5. Ulangi langkah 2-4


Saya pikir kita anda sudah paham apa yang dibicarakan disini. Tetapi jika belum, saya ingin menekankan poin-poin inti bagaimana menulis postingan blog yang baik dan benar. Postingan blog yang baik dan benar paling utama dalam pembahasan ini terletak pada poin ke-2 dan juga poin ke-4. Lihat poin kedua diatas, disitu dijelaskan bagaimana memilih dan menyiapkan konten.


Mengapa harus memilih? Karena blog membahas tema yang spesifik dan tema yang spesifik cenderung membahas hal-hal yang bermanfaat dan memiliki nilai kebaharuan. Lalu, mengapa harus menyiapkan konten? Tahu gak berapa susahnya masuk halaman pertama Google? Karena ada ribuan artikel serupa yang ada di mesin pencari saat ini, termasuk tentang niche yang anda angkat. Jika anda tidak menyiapkan artikel dengan baik, maka jangan harap anda akan tampil di halaman pencarian Google.

Setelah itu langkah ke tiga dan keempat selesai, berarti anda siap ke tahap selanjutnya yakni memposting artikel. Ini juga penting, setelah anda melewati tahap kedua, anda harus siap melangkah ke tahap selanjutnya yakni meningkatkan frekuensi postingan anda di blog. Tapi jangan lupa, sebelum itu anda harus menulis dan mengeditnya sebelum mempublikasikannya.

Kesimpulan


Nah demikian artikel tentang cara membuat konten yang baik dan benar. Membuat konten di blog tidak semudah membalik telapak tangan, ada usaha-usaha tertentu yang harus anda lewati saat membuat blog, membuat postingan dan mengoptimalkannya.

Untuk itu, sebagai blogger, anda dituntut untuk memiliki multikecakapan, salah satunya adalah yang sedang kita bahas sekarang ini. Jika anda punya pertanyaan dan masukan terkait dengan postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!